Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif dan Mudah Iritasi

Sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib untuk digunakan setiap akan beraktivitas. Produk ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV dan akan mencegah munculnya efek buruk akibat paparan sinar tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang cenderung mudah iritasi agar tetap terlindungi saat beraktivitas:

1. Pilih Produk Non-Comedogenic

Pertama, pilihlah produk sunscreen yang ada label non-comedogenic. Produk dengan label seperti ini artinya memakai formula yang tidak akan membuat pori-pori kulit tersumbat. Sangat aman digunakan untuk pemilik kulit wajah yang cenderung sensitif. Hal ini sangat penting bagi pemilik kulit sensitif karena pori-pori kulit yang kotor dan tersumbat akan memicu munculnya jerawat, komedo, juga bisa menyebabkan iritasi.

2. Gunakan Sunscreen dengan Tekstur Gel

Ada banyak sekali tipe sunscreen dan teksturnya juga bervariasi. Ada yang memiliki tekstur krim, gel, bahkan saat ini ada juga yang dihadirkan dalam bentuk cushion. Bagi pemilik kulit wajah yang sensitif, lebih disarankan untuk memakai produk sunscreen dengan tekstur gel. Tipe sunscreen yang berbentuk krim biasanya lebih mudah memicu jerawat apalagi untuk jenis kulit yang sensitif.

Sunscreen dengan bentuk gel cenderung bisa menyerap ke dalam pori-pori secara cepat dan sempurna. Jadi tidak akan menimbulkan sisa sunscreen di permukaan kulit yang bisa berpotensi menyumbat pori-pori. Lain halnya dengan tekstur krim yang biasanya butuh waktu lebih lama untuk menyerap dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit.

3. Pilih Tipe Sunscreen Berbahan Mineral

Sangat disarankan bagi pemilik kulit wajah sensitif untuk tidak memakai sunscreen dengan bahan kimia. Jauh lebih baik untuk memilih sunscreen berbahan mineral. Apalagi jika pemilik kulit wajah sensitif tersebut sedang mengalami masalah jerawat yang cukup parah. Bahan-bahan kimia dalam sunscreen justru bisa memperparah kondisi jerawat dan malah menimbulkan masalah iritasi yang berat.

Pemilik kulit sensitif bisa memilih produk sunscreen yang menggunakan bahan titanium dioksida dan zink dioksida. Bahan mineral seperti ini memiliki risiko kecil sebagai penyebab iritasi dan alergi. Sangat cocok untuk menjaga kesehatan kulit yang rentan berjerawat maupun mudah iritasi. Jadi bacalah secara cermat kandungan bahan pada kemasan sunscreen dan pilih yang memakai bahan mineral.

4. Pakai Sunscreen Alami

Selain menggunakan produk sunscreen yang berbahan mineral, pemilik kulit sensitif juga bisa memakai produk sunscreen yang alami atau natural. Bahan alami atau natural jelas jauh lebih aman untuk dipakai oleh kulit sensitif. Produk seperti ini biasanya akan memberikan label non-chemicals atau bebas bahan kimia di kemasannya. Sangat aman untuk digunakan oleh pemilik kulit sensitif yang cenderung mudah iritasi.

5. Perhatikan Kandungan SPF

Dalam pemilihan sunscreen, sangat penting untuk memperhatikan kandungan SPF yang terdapat dalam produk tersebut. Semakin tinggi indikatornya maka akan semakin baik juga efek perlindungan yang diberikan. Namun pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih kandungan SPF ini dan menyesuaikannya dengan kegiatan. Misalnya untuk aktivitas sehari-hari bisa pakai SPF 15 dan kegiatan luar ruangan SPF 15 sampai 30.

Itulah tadi panduan cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang cenderung mudah sekali mengalami iritasi. Tentunya harus kembali lagi pada pribadi masing-masing karena pemakaian produk skincare itu sangat ditentukan oleh kecocokan individu. Pilihlah produk sunscreen yang paling nyaman dan bisa memberikan manfaat lebih besar daripada efek samping pemakaiannya.

Scroll to Top