harus disesuaikan dengan jenis wajah agar manfaatnya optimal. Berikut adalah panduan cara memilih facial wash untuk kulit berminyak agar sehat dan bebas jerawat:

Cara Memilih Facial Wash untuk Kulit Berminyak Bebas Jerawat

Produk pencuci wajah atau facial wash merupakan produk kunci dari rangkaian langkah perawatan wajah. Facial wash berfungsi untuk membersihkan tumpukan kotoran dan menjadi tahap awal pemakaian produk skincare maupun make up. Pemilihan facial wash harus disesuaikan dengan jenis wajah agar manfaatnya optimal. Berikut adalah panduan cara memilih facial wash untuk kulit berminyak agar sehat dan bebas jerawat:

1. Cek Kandungan Bahan

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kandungan bahan facial wash. Ini menjadi prinsip penting sebelum memilih dan menggunakan produk skincare apapun. Cek dulu kandungan bahannya dan hindari bahan-bahan yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, untuk kulit berminyak tidak disarankan memakai facial wash yang mengandung alkohol karena bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Sementara itu ada beberapa jenis bahan yang seharusnya ada pada produk facial wash untuk kulit berminyak. Misalnya asam salisilat yang berperan dalam proses eksfoliasi kotoran dan minyak secara mendalam. Kemudian harus ada juga kandungan asam glikolat yang efektif membersihkan juga memperkecil pori-pori tempat penumpukan minyak.

2. Pilih Produk yang Bebas Minyak

Selanjutnya silakan pilih jenis facial wash yang diberi label bebas minyak atau oil-free. Hal ini juga sangat penting karena kandungan minyak pada facial wash bisa menyebabkan tumpukan minyak di wajah semakin banyak. Penyumbatan pori-pori wajah oleh minyak juga semakin mudah terjadi jika menggunakan facial wash yang mengandung minyak.

Salah satu jenis bahan minyak yang tidak boleh digunakan oleh pemilik kulit berminyak adalah coconut oil. Ini merupakan jenis minyak turunan asam oleat dan tidak cocok untuk kulit berminyak. Bahan ini cenderung menambah tumpukan minyak di wajah dan bisa menyebabkan iritasi.

3. Gunakan Facial Wash Varian Charcoal

Ada banyak sekali jenis produk facial wash yang beredar saat ini. Varian produknya pun sangat beragam dan salah satunya adalah varian charcoal. Charcoal itu sendiri merupakan arang aktif yang sudah sangat sering dipakai sebagai bahan produk perawatan kulit. Ternyata produk facial wash dengan kandungan charcoal ini dinilai sangat efektif untuk membersihkan kulit wajah yang cenderung berminyak.

Salah satu cara memilih facial wash untuk kulit berminyak adalah dengan mempertimbangkan produk varian charcoal. Charcoal diketahui bisa membantu mengangkat minyak secara optimal. Jika perlu, gunakan juga facial wash varian charcoal yang dilengkapi dengan clay.

4. Hindari Facial Wash dengan Kandungan Pewangi

Sangat disarankan bagi pemilik kulit wajah berminyak untuk menghindari produk facial wash yang mengandung bahan pewangi. Bahan jenis ini bisa memicu alergi dan iritasi pada pemilik kulit wajah yang cenderung berminyak. Cari saja produk facial wash yang labelnya bertuliskan non-scented. Varian produk ini mudah ditemukan di pasaran dan memang ditujukan bagi pemilik kulit yang produksi minyaknya berlebihan.

5. Gunakan Facial Wash Non-comedogenic

Saran berikutnya bagi pemilik kulit wajah berminyak adalah gunakan facial wash yang non-comedogenic. Biasanya ada label sendiri di kemasan facial wash yang menunjukkan bahwa produk tersebut bersifat non-comedogenic. Artinya, produk tersebut tidak mengandung formula yang berpotensi untuk menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga tidak terjadi penumpukan minyak.

Itulah tadi rangkaian cara memilih facial wash untuk kulit berminyak. Jenis kulit yang berminyak memang harus dirawat dengan cara yang tepat. Harus dipilih produk yang sesuai sehingga produksi minyak bisa dikontrol dengan baik. Namun tetap pastikan untuk memakai jenis produk yang tidak membuat kulit jadi kering karena kondisi kering bisa memicu iritasi.

No Comments

Post A Comment