Fungsi dan Hubungan Tata Rias Dengan Seni Tari yang Peting Dipahami

Seni tari merupakan kesenian yang mengekspresikan sebuah nilai dengan ekspresi serta gerakan-gerakan yang indah. Nilai yang diungkapkan pada suatu tari pun beragam, mulai dari perasaan, pikiran hingga sebuah cerita. Untuk menunjang penampilan sang penari, maka dibutuhkan komponen pendukung seperti tata busana hingga tata rias. Namun, apa saja hubungan tata rias dengan seni tari? Dan apa saja fungsinya?

Fungsi & Hubungan Tata Rias Dengan Seni Tari

Tata rias juga merupakan sebuah seni yang unik. Berbeda dengan seni tari, tata rias merupakan seni yang menggunakan alat make up pada wajah atau objek tertentu. Pada dasarnya, orang menggunakan riasan untuk terlihat lebih cantik dan menarik. Berbeda untuk pemakaian sehari-hari, pada seni tari, riasan berfungsi lebih dari sekedar mempercantik penampilan, namun juga untuk membantu pertunjukan. Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa hubungan tata rias dengan seni tari:

1. Mempercantik Penampilan Penari

Selain busana yang menarik, salah satu komponen yang dapat mempercantik penampilan seorang penari adalah riasan yang digunakan. Seorang penari akan terlihat lebih cantik ketika ia menggunakan riasan dibandingkan dengan wajah yang polosan.

Apabila tidak ada riasan khusus untuk sebuah tarian, maka penari bisa mempercantik diri dengan menggunakan riasan yang tipis. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan foundation, bedak, lipstick hingga pensil alis. Dengan riasan yang tipis saja, penari akan tampak lebih cantik hingga membuat penampilan juga lebih indah.

2. Memperkuat Ekspresi Wajah

Hubungan tata rias dengan seni tari yang berikutnya adalah sebagai cara untuk mempertegas ekspresi wajah. Pada umumnya, seni tari memiliki tujuan serta pesan yang ingin disampaikan. Selain menyampaikannya melalui gerakan, para penari juga mengungkapkannya melalui ekspresi wajah.

Salah satu contoh tarian yang menggunakan riasan untuk memberikan ekspresi wajah adalah tari pendet asal bali. Riasan yang digunakan untuk tari ini adalah rias putri halus. Tujuan dari riasan ini adalah untuk mempertajam garis-garis pada wajah penari saat mereka melakukan gerakan entiah-tjerengu.

Khusus untuk para penari wanita, ada tiga warna yang digunakan dalam riasannya, yaitu kuning, merah muda dan biru. Masing-masing warna memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk membentuk dan mempertegas wajah para penari.

3. Menunjukkan Karakter Penari

Tata rias dalam seni tari juga berfungsi untuk menunjukkan karakter para penari. Dalam seni tari, terkadang peran setiap penari berbeda-beda sehingga membutuhkan tata rias untuk membedakan setiap perannya. Dengan begitu, tanpa harus menjelaskan perannya, para penonton bisa mengetahui peran sang penari. Jenis rias yang biasanya digunakan untuk menunjukkan karakter penari adalah rias aksen.

4. Memperjelas Tema Tarian

Setiap seni tari memiliki tema yang khas dan unik. Untuk membantu menampilkan tema tersebut, maka para penari bisa menggunakan riasan yang sesuai dengan tema tersebut. Contohnya, apabila tema dari tarian tersebut adalah ceria dan menyenangkan, maka jenis riasan yang bisa digunakan adalah warna-warna cerah.

5. Mempertegas Jenis Kelamin Para Penari

Mungkin fungsi tata rias yang satu ini terdengar aneh. Namun untuk membantu mempertegas penari berdasarkan jenis kelamin serta karakter yang diperankannya, para penari biasanya menggunakan riasan yang dikenal rias jenis. Riasan ini biasanya digunakan apabila seorang pria memerankan peran perempuan atau sebaliknya.

6. Membantu Memperjelas Keberadaan Pemain

Berdasarkan fungsi rias, tata rias juga bisa membantu memperjelas keberadaan sang penari pada saat melakukan atraksi. Contohnya, apabila ada penari yang berperan sedang sakit, maka riasan orang tersebut akan dibuat tampak seperti orang sakit. Sebaliknya, ketika ia sudah keluar dari rasa sakit itu, riasan yang dibuat pun harus berbeda juga.

Jenis Peralatan yang Digunakan Dalam Tata Rias Seni Tari

Melihat banyaknya fungsi tata rias dalam seni tari, tidak heran jika para penari selalu menggunakan riasan dalam setiap penampilannya. Namun dari semua alat make up yang ada saat ini, apa saja peralatan yang dibutuhkan dalam seni tari?

Dari sekian banyak peralatan yang ada, foundation dan bedak merupakan make up yang wajib dimiliki oleh para penari. Foundation merupakan dasar atau alas bedak yang mampu menutupi kekurangan pada wajah.  Dengan mengoleskan foundation dan bedak, wajah para penari bisa terlihat lebih segar dan cantik.

Selanjutnya, jangan lupakan lipstick dan pensil alis. Apabila sudah menggunakan bedak, maka pastikan untuk menggunakan lipstick. Jika tidak, maka wajah akan terlihat pucat dan kurang menarik (namun hal ini juga bergantung pada tema tarian). Terakhir, jangan lupa juga untuk menggunakan pensil alis untuk menyempurnakan penampilan.

Melihat banyaknya fungsi riasan dalam seni tari, bisa dikatakan bahwa hubungan tata rias dengan seni tari sangatlah erat. Dengan riasan yang tepat, penari tidak hanya terlihat lebih cantik dan menarik, namun juga bisa membantu menyampaikan pesan dari tari tersebut.

Scroll to Top