Cara Mencuci Brush Make Up Agar Bersih & Terjaga

Brush merupakan salah satu peralatan yang bisa membuat make up menjadi lebih bagus. Dengan alat yang satu ini, hasil riasan akan tampak lebih halus serta rapi. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, maka kebersihan dan keawetan brush harus dijaga dengan baik. Namun, bagaimana cara mencuci brush make up agar tidak rusak?

Bagi yang sering menggunakan brush dalam berhias, maka pastikan untuk membersihkan brush secara rutin. Brush yang kotor tidak hanya menyumbat pori-pori wajah namun juga membuat wajah menjadi berjerawat. Agar hal ini tidak sampai terjadi, maka lakukan cara-cara ini agar brush dapat tetap bersih dan terjaga:

1. Menggunakan Brush Cleaner Make Up & Cleaning Spray

Bagi yang tidak ingin ribet dan ingin hasil yang pasti, maka gunakan brush cleaner make up atau cleaning spray yang dapat dibeli di pasaran.  Brush cleaner makeup cairan yang dibuat khusus untuk membersihkan sisa make up yang menempel pada brush. Karena memang dikhususkan untuk make up, maka pengguna tinggal merendam brush ke dalam campuran air dan brush cleaner selama 5 menit saja. Nantinya kotoran yang menempel akan lepas dengan sendirinya.   

Alat lain yang bisa digunakan untuk membersihkan brush adalah cleaning spray. Sesuai namanya, pengguna hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut ke brush yang kotor. Selanjutnya, sapukan brush tersebut pada tisu agar semua kotoran yang menempel dapat terlepas dan keluar.

2. Menggunakan Air Hangat

Jika brush yang digunakan tidak terlalu kotor, maka cara mencuci brush make up adalah dengan menggunakan air. Cara mencuci brush make up cukup membasahi sedikit demi sedikit bagian brush yang kotor dan menggosoknya secara perlahan pada tangan. Jika memilih menggunakan cara ini, pastikan untuk tidak merendamnya. Selain itu, usahakan agar air panasnya tidak sampai menyentuh bagian dari dasar-dasar bulu.

3. Mencampurnya Dengan Sabun Cair

Apabila brush yang digunakan sangat kotor namun tidak ada cairan pembersih khusus brush, maka gunakan sabun cair yang ada di rumah seperti sabun mandi atau shampoo. Untuk membersihkan brush, masukkan sedikit sabun dan air ke dalam mangkok atau gelas. Lalu, masukkan brush ke dalam wadah dan diamkan selama 10-15 menit.

Jika kotoran dari brush mulai terangkat, maka aduk brush secara perlahan agar semua kotorannya bisa keluar. Selanjutnya, keringkan ujung brush menggunakan tissue dan diamkan agar mengering sendiri. Dengan begitu, bulu-bulu pada brush tidak akan rusak atau mengembang.

4. Menggosoknya ke Silicon Mat

Cara mencuci brush make up juga bisa dilakukan dengan menggunakan silikon mat. Sesuai namanya, tatakan ini terbuat dari silikon dan memiliki permukaan yang bergerigi untuk membantu membersihkan kotoran yang ada pada brush. Cara membersihkan brush dengan alat ini adalah dengan menuangkan sedikit sabun diatasnya. Selanjutnya, basahi brush dan gosokkan brush secara perlahan diatas bagian yang bergerigi.

Nantinya, kotoran yang ada pada brush akan luntur perlahan dan membuatnya bersih kembali. Jika semua kotorannya sudah terangkat, jangan lupa untuk membersihkan brush kembali menggunakan air bersih. Lalu, keringkan brush secara alami agar bulunya tidak rusak atau menjadi kaku.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Selain sabun atau shampoo, cairan lain yang bisa membantu membersihkan kotoran pada brush adalah minyak zaitun. Untuk menghindari bulu brush menjadi berminyak, maka oleskan sedikit minyak zaitun ke bulu-bulu brush. Selanjutnya, oleskan perlahan brush pada permukaan yang keras agar kotoran yang menempel dapat terlepas. Jika kotoran pada brush sudah mulai berjatuhan atau lepas, bilas dengan air yang bersih.

6. Menggosok Pada Sabun Batang

Jika tidak memiliki sabun cair, maka sabun batang juga bisa digunakan untuk membersihkan brush make up. Caranya adalah dengan membasahi sabun dan brush terlebih dahulu. Selanjutnya gosok brush pada permukaan sabun batang hingga kotoran yang ada pada brush mulai terlepas. Agar permukaan sabun batang tetap bersih, maka usahakan menggosok brush di bawah air yang mengalir.

Jika warna airnya sudah tidak coklat atau sudah bening kembali, maka brush sudah bersih dan bisa dikeringkan. Untuk menghindari bulu brush rusak, jangan menggosok brush terlalu keras. Untuk hasil yang maksimal, maka gosoklah brush dengan gerakan berputar.

Membersihkan brush sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang suka menggunakannya untuk berias. Jika tidak dibersihkan, maka sisa make up akan menumpuk di dalam brush yang bisa membuat kulit iritasi hingga berjerawat. Agar brush tetap bersih namun tidak mudah rusak, bersihkan brush minimal seminggu sekali. Namun jika setelah digunakan brush sudah sangat kotor, maka segera bersihkan brush dengan air.

Jadi itulah berbagai cara mencuci brush make up agar bersih dan tetap terawat. Bagi yang tidak memiliki spray atau cairan pembersih make up, maka gunakanlah minyak zaitun atau sabun yang ada di rumah untuk membersihkan brush make up. Untuk Anda yang sedang mencari jasa make up untuk berbagai jenis acara, silahkan menghubungi WA kami melalui tombol di website.

Scroll to Top