Cara Memilih Warna Bedak Sesuai Warna Kulit yang Harus Diketahui Para Perempuan!

Bedak merupakan make up wajib bagi perempuan. Selain digunakan untuk mencerahkan wajah, bedak juga biasanya digunakan untuk finishing ketika berias. Melihat pentingnya bedak dalam pemakaian make up, maka sangat penting mengetahui cara memilih warna bedak sesuai warna kulit agar hasilnya tidak sampai belang.

Cara memilih warna bedak sesuai warna kulit memang tidak mudah dan kadang membutuhkan proses yang lama. Bisa saja warna bedak terlihat cocok, namun ketika diaplikasikan pada waja hasil warnanya berbeda serta membuat kulit menjadi kering atau berjerawat. Untuk membantu memilih warna yang cocok, cobalah lakukan hal-hal berikut:

1. Mengetahui Skin Tone

Sebelum mencari bedak yang cocok, ada baiknya mengetahui skin tone diri terlebih dahulu. Pada dasarnya, skin tone manusia dapat dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu warm, cool dan neutral. Salah satu cara untuk mengetahui skin tone diri adalah dengan melihat pembuluh darah yang ada pada bagian pergelangan. Jika warnanya biru keunguan, maka orang tersebut memiliki skin tone yang cool. Sedangkan jika warnanya kehijauan berarti tergolong warm.

2. Mengurangi & Menambah 1 Tone dari Kulit Wajah

Selanjutnya pilihlah warna bedak yang sekiranya mirip dengan warna kulit wajah. Jenis shade bedak yang ada di pasaran saat ini sangat beragam. Jika beruntung, maka orang bisa menemukan shade yang sama dengan warna kulit wajah. Namun jika tidak ada yang sama persis, maka cobalah cari shade yang memiliki warna 1 tingkat dibawah ataupun diatas warna kulit wajah.

Meskipun warnanya akan berbeda 1 tingkat, pengguna tidak perlu takut hasilnya menjadi belang atau aneh ketika diaplikasikan pada muka. Namun, pastikan cara mengoleskan bedak pada wajah sudah benar agar tidak menjadi terlalu tebal ataupun terlalu tipis.

3. Tes Bedak Pada Bagian Pergelangan Tangan

Salah satu bagian tubuh yang memiliki warna yang hampir sama dengan wajah adalah pergelangan tangan. Untuk melihat apakah warna bedak cocok dengan warna kulit, maka cobalah menggunakannya pada bagian tersebut terlebih dahulu.

Cara untuk mengetahui kecocokan warna bedak bisa dilakukan dengan mengaplikasikannya terlebih dahulu di pergelangan tangan. Selanjutnya, lihatlah warna bedak yang paling cocok dan menyatu dengan warna kulit tangan. Selama tidak belang, maka bisa dikatakan warna tersebut cocok dengan warna kulit wajah juga.

4. Mencoba di Rahang & Pipi

Selain di pergelangan tangan, tempat lain untuk mencoba warna bedak adalah di bagian rahang dan pipi. Untuk melihat apakah warna tersebut cocok atau tidak, tinggal oleskan sedikit bedak pada bagian rahang dan lihatlah apakah warnanya menyatu. Tunggu selama 3-5 menit untuk melihat hasil akhir bedak setelah diaplikasikan pada wajah. Jika tidak terlihat belang, maka bisa dikatakan warna tersebut cocok dengan warna kulit wajah.

Jika sudah mendapatkan warna yang dirasa mendekati warna kulit wajah, maka saatnya mengaplikasikannya pada wajah. Pastikan untuk mengaplikasikannya secara benar dan merata. Lalu diamkan beberapa saat agar dapat menyatu dengan kulit.

Jika warna bedak dapat menyatu dengan warna wajah dan leher, maka bisa dikatakan bedak tersebut cocok dengan warna kulit wajah. Sedangkan jika terlihat berbeda, aneh dan belang, maka cobalah mencari warna yang lainnya. Jika terlihat terlalu putih atau terang, maka turunkan 1 tingkat lagi. Sedangkan jika warnanya terlihat terlalu gelap, maka menaikkan 1 tingkat.

Jadi cara memilih warna bedak sesuai warna kulit memang tidak mudah. Bahkan para perempuan bisa mencoba beberapa jenis bedak terlebih dahulu sampai menemukan shade bedak yang cocok. Namun, ketika sudah menemukan warna yang cocok, penampilan seorang wanita akan terlihat lebih sempurna.

Scroll to Top