Cara Memilih Toner untuk Kulit Berminyak agar Tidak Berjerawat

Setelah membersihkan dan mencuci wajah dengan facial wash, perlu dilakukan pemakaian toner. Produk ini berfungsi untuk menyempurnakan proses pengangkatan kotoran dan sisa make up dari wajah. Kali ini akan dibahas cara memilih toner untuk kulit berminyak agar tidak mudah muncul jerawat juga tidak terjadi iritasi.

1. Gunakan Produk Khusus Kulit Berminyak

Sebenarnya mudah saja menentukan jenis produk skincare yang cocok sesuai tipe kulit. Tinggal dilihat saja label kemasan produk tersebut. Saat ini produk skincare sudah semakin beragam dan memang diformulasikan sesuai masing-masing tipe kulit. Jadi tinggal dilihat saja label produknya, apakah memang ditujukan bagi pemilik kulit berminyak atau tidak.

Pilihlah toner yang memang digunakan untuk kulit berminyak. Biasanya jenis toner ini mengandung asam alfa hidroksi atau biasa dikenal sebagai AHA. Kandungan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit. AHA sangat mudah meresap jauh sampai ke bagian terdalam pori-pori kulit. Dengan begitu AHA akan membantu membersihkan pori-pori secara sempurna.

2. Hindari Kandungan Mineral  Oil

Sangat disarankan untuk menghindari jenis toner yang mengandung mineral oil. Bahan ini sebenarnya merupakan bahan alami yang cukup baik bagi kulit namun bukan untuk tipe kulit berminyak. Mineral oil bisa menyebabkan tumpukan minyak di pori-pori kulit semakin banyak dan akan memperburuk kondisi kulit berminyak. Minyak kelapa juga tidak disarankan karena memiliki sifat yang sama seperti mineral oil.

3. Pilih Kandungan yang Tepat

Sangat penting untuk membaca kandungan bahan dalam sebuah produk skincare sebelum membelinya. Apalagi untuk pemilik kulit wajah dengan tipe tertentu seperti kulit wajah berminyak. Salah satu cara memilih toner untuk kulit berminyak adalah dengan memperhatikan kandungan bahan orange blossom, rose, atau lemon. Semua bahan ini diketahui bisa memperkecil pori-pori dan mencegah penumpukan minyak.

Selain itu, zinc juga jadi bahan yang sangat baik untuk merawat kulit berminyak. Zinc ini biasanya menjadi bahan yang khusus dipakai pada produk skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat. Fungsi utamanya adalah mengendalikan produksi minyak tanpa membuat kulit wajah kering. Jadi kulit tetap terasa lembab dan tidak akan mudah mengalami iritasi.

4. Gunakan Toner dengan Bahan Alami

Pemilik kulit wajah yang berminyak lebih disarankan untuk memakai toner dengan bahan alami. Saat ini ada banyak pilihan produk skincare, termasuk toner, yang menggunakan bahan-bahan alami. Contoh bahan alami yang bisa dipakai oleh pemilik kulit berminyak adalah aloe vera, clary sage, lavender, sandalwood, juga witch hazel.

Bahan-bahan alami jauh lebih aman untuk digunakan dan akan membuat kulit berminyak terhindar dari iritasi. Selain itu produk berbahan alami juga bisa menyerap minyak secara optimal dan membuat kulit jadi lebih sehat. Jauh lebih aman daripada memakai produk toner yang terbuat dari berbagai jenis bahan kimia.

5. Hindari Toner Mengandung Alkohol

Usahakan untuk tidak memakai produk toner yang mengandung alkohol. Toner dengan kandungan alkohol bisa membuat kulit jadi kering dan memperbesar risiko iritasi kulit. Alkohol juga akan mengganggu keseimbangan produksi minyak pada kulit sehingga tidak memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Lagipula sudah ada banyak pilihan jenis produk toner yang sudah dilabeli bebas alkohol atau alcohol free.

Itulah tadi 5 cara memilih toner untuk kulit berminyak agar bebas dari masalah jerawat. Tentunya pemakaian toner ini harus diimbangi juga dengan penggunaan produk skincare lain yang cocok untuk kulit berminyak. Pemakaian produk yang tepat akan membuat kulit jadi sehat dan bebas masalah.

Scroll to Top