Urutan Skincare Sebelum Make Up, Pemula Wajib Paham

Pengaplikasian make up memang mampu membuat permukaan wajah terlihat lebih segar dan menawan. Akan tetapi, wajah tetap membutuhkan perawatan agar dapat menghasilkan riasan yang sempurna. Beberapa urutan skincare sebelum make up juga perlu dipahami dengan baik, terutama bagi pemula.

Seperti yang diketahui, kesehatan area wajah sangat mendukung hasil akhir dari riasan yang dikenakan. Permukaan wajah yang sehat tentunya akan memudahkan bagi produk make up agar menempel dengan maksimal. Untuk memperolehnya, berikut penjelasan tentang urutan skincare sebelum aplikasi make up yang perlu diterapkan:

1. Aplikasikan Make Up Remover Agar Wajah Bersih

Umumnya rutinitas make up akan dilaksanakan di pagi hari, sebelum memulai aktivitas. Atau pun pada waktu lain ketika akan menghadiri acara penting. Agar permukaan wajah tetap sehat, tentunya diperlukan serangkaian skincare yang dapat melindungi permukaan kulit.

Seperti diketahui, beberapa item make up susah dihilangkan hanya dengan membasuhnya menggunakan sabun. Misalnya seperti eyeliner dan maskara yang waterproof dan akan menyusahkan untuk membersihkannya. Cairan make up remover akan membantu mempermudah pekerjaan tersebut menjadi lebih efektif.

Bagi wanita, langkah dasar sebelum memulai make up adalah memastikan bahwa wajah dalam kondisi yang bersih. Itulah sebabnya, make up remover atau cleanser memiliki peran yang besar. Pembaca dapat mengaplikasikan micellar water pada kapas untuk menyapu area wajah.

Agar memastikan bahwa seluruh area wajah telah bersih, silahkan gunakan face wash. Tujuannya untuk mengurangi munculnya kelebihan minyak serta debu di daerah wajah yang mengganggu. Perhatikan tipe produk fash wash yang dipilih, sebaiknya sesuaikan pada masing-masing tipe kulit.

Bila wajah cenderung memiliki minyak yang berlebihan, maka produk fash wash tipe gel bisa direkomendasikan. Sedangkan, fash wash berbasis gliserin akan cocok untuk kulit kering. Setelah sabun selesai dibilas bersih, segera keringkan wajah menggunakan handuk halus.

2. Atur Kelembaban Kulit Dengan Toner

Untuk mengenakan make up, bukan berarti permukaan wajah harus kering sepenuhnya. Sebab, kelembaban kulit wajah juga harus terjaga agar tidak mudah terjadi iritasi maupun berjerawat. Untuk itulah, pembaca perlu menyiapkan toner guna membantu mengendalikan kelembaban kulit.

Penggunaan produk toner pada area wajah juga perlu diperhatikan kapasitasnya. Meski mempunyai kegunaan yang baik bagi kulit, pemakaian produk yang berlebihan justru akan membuat wajah menjadi kering. Dibandingkan tipe lainnya, toner berbahan astringen lebih direkomendasikan bagi wajah yang berminyak.

3. Lakukan Perawatan Dengan Essence

Produk ini termasuk dalam urutan skincare sebelum make up yang sulit untuk ditinggalkan. Saat ini ada banyak paket make up dan skincare yang menawarkan essence. Produk tersebut berperan besar sebagai bentuk perawatan harian agar kulit mendapat nutrisi yang cukup.

Essence merupakan produk cair dengan bahan aktif tertentu yang membantu menjaga kelembaban kulit. Pengaplikasian essence memudahkan kulit untuk menyerap nutrisi dari sejumlah skincare yang dipakai. Sehingga, pengguna akan mendapat manfaat dari skincare yang telah diaplikasikan untuk wajah.

Teknik mengaplikasian essence juga perlu diperhatikan, teteskan sedikit cairan tersebut pada telapak tangan. Kemudian tepuk-tepuk ke area wajah perlahan dan merata. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan bahwa kondisi telapak tangan sudah dicuci bersih menggunakan sabun.

4. Gunakan Serum yang Menutrisi Kulit

Untuk mengatasi berbagai permasalahan pada wajah, pembaca perlu menggunakan serum dalam rangkaian skincare rutin. Umumnya, serum dengan kandungan vitamin C akan sangat membantu dalam menutrisi kulit. Selain menyehatkan, vitamin C akan membantu mencerahkan area kulit.

Serum menjadi produk skincare yang diandalkan untuk mengatasi hiperpigmentasi maupun warna yang tidak merata.  Apabila pembaca lebih sering beraktivitas di luar rumah, maka diperlukan serum dengan kandungan antioksidan. Produk tersebut akan membantu melindungi wajah dari polusi dan sengatan panas matahari.

5. Kunci Kelembaban Kulit Lewat Moisturizer

Meski sebelumnya sudah mengaplikasikan toner untuk mengembalikan kelembaban kulit, tetapi wajah juga membutuhkan moisturizer. Produk tersebut termasuk dalam urutan skincare sebelum make up yang utama. Kegunaannya untuk menjamin kelembaban dan sejumlah nutrisi yang diterima dari skincare.

Permukaan kulit dengan kelembaban yang cukup dapat membantu menjaga hasil riasan wajah tetap menempel dan jauh dari keretakan. Moiturizer bukan hanya dianjurkan untuk kulit kering, melainkan wajah berminyak juga tetap membutuhkannya. Pilihan moisturizer yang tepat yaitu item dengan formula yang lebih ringan.

6. Cegah Penuaan Dini Dengan Sunscreen

Produk kecantikan ini seringkali tertukar urutan penggunaannya dengan moisturizer. Sunscreen merupakan tahapan akhir dari serangkaian skincare yang diterapkan sebelum bermake up. Produk ini tidak boleh terlewat, terutama bila pembaca banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Sunscreen yang diaplikasikan rutin akan membantu menepis paparan sinar UV yang berbahaya. Di samping itu, sunscreen termasuk skincare yang akan membantu mencegah penuaan dini. Untuk memperoleh manfaatnya, usahakan menerapkan sunscreen pada tahapan yang tepat.

Demikianlah urutan skincare sebelum make up yang perlu dipahami terutama bagi pemula. Meski tidak berencana untuk menggunakan riasan pada wajah, serangkaian skincare tersebut bisa dilaksanakan rutin setiap hari. Tujuannya agar wajah menjadi lebih sehat ternutrisi dan aman saat berada di luar rumah.

Scroll to Top