Tips Memakai High Heels Untuk Pemula Agar Tidak Sakit

High heels atau juga dikenal dengan sepatu berhak merupakan jenis sepatu yang bisa membuat kaki perempuan tampak lebih jenjang. Namun, jika tidak terbiasa menggunakannya, maka kaki akan mudah sakit dan terluka. Agar hal ini tidak sampai terjadi, maka ada baiknya mengetahui tips memakai high heels untuk pemula.

Meskipun terlihat cantik, namun menggunakan high heels tidaklah mudah terutama bagi mereka yang tidak pernah menggunakannya.  Namun untungnya ada beberapa tips & trik agar orang bisa menggunakan sepatu atau sandal ini dengan lebih nyaman hingga terbiasa. Nah, bagi yang penasaran, berikut adalah tips memakai high heels untuk pemula yang bisa dicoba:

1. Memilih High Heels yang Tebal

Sebagai permulaan dan tidak kaget, maka cobalah memilih high heels yang tebal terlebih dahulu. Selain rasanya lebih nyaman, jalan pun akan lebih mudah dengan heels yang lebih tebal. Untuk permulaan cobalah berjalan menggunakan heels yang tebal seperti block serta wedges.

Nantinya, jika sudah terbiasa menggunakan heels ini, maka beranjaklah ke heels yang lebih tipis dan runcing. Namun pastikan perlahan ya setelah sudah bisa berjalan dengan benar menggunakan block atau wedges.

2. Memilih Heels yang Tidak Tinggi

Selain ukuran heels, hal lain yang perlu diperhatikan oleh para pemula adalah ketinggian heels. Sebagai pemula, cobalah memilih heels yang tidak terlalu tinggi dulu, atau sekitar 3-4 cmn saja. Selanjutnya, coba berlatih dan berjalan dengan ukuran ini dulu. Jika sudah lancar berjalan dan tidak mudah jatuh, maka naikkan ketinggian hak secara perlahan.

3. Jangan Menggunakan Dalam Jangka yang Lama

Bagi yang belum terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi, maka jangan paksakan diri untuk menggunakan sepatu hak dalam waktu yang lama. Selain kaki akan cepat capek, tumit kaki bisa terasa sakit karena menahan beban yang besar.

Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan sepatu hak maksimal dalam waktu 2 jam saja. Jika memang harus lebih, maka cobalah beristirahat atau duduklah secara rutin agar tumit tidak mudah sakit. Setelah pemakaian pun, rendam kaki dengan air hangat agar rasa sakit dan capeknya dapat hilang.

4. Memastikan Ukurannya Sudah Benar

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh para pemula ketika menggunakan high heels adalah ukuran sandal atau sepatu yang digunakan. Pastikan menggunakan ukuran yang pas dengan kaki agar tidak sampai kebesaran maupun kekecilan. Jika ukurannya tidak pas, maka bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada kaki. Contohnya, jika kekecilan, maka kaki akan mudah lecet dan terluka. Sedangkan jika kebesaran, maka pengguna akan mudah jatuh.

5. Menggunakan Bantalan Alas Kaki

Jika masih belum nyaman, maka cobalah menggunakan bantalan alas kaki. Bantalan kaki bisa membuat kaki terasa lebih nyaman serta mengurangi tekanan pada ujung jari kaki. Namun agar tidak sampai terlihat, maka pilihlah bantalan kaki yang memiliki warna senada dengan sepatu atau sandal yang digunakan.

6. Latihan Jalan Di Jalan yang Tidak Rata

Setelah bisa berdiri dengan stabil, maka cobalah latihan berjalan di jalan yang tidak rata. Hal ini untuk melatih keseimbangan pengguna high heels ketika menggunakannya. Pada saat latihan, hindari langkah yang terlalu lebar dan cobalah berjalan dengan normal. Jika sudah terbiasa berjalan diatas jalan yang rata, maka jalan dimanapun tidak akan menjadi masalah.

Jadi meskipun menggunakan heels tidaklah mudah, namun dengan tips diatas, rasa sakit ketika menggunakan heels dapat berangsur menghilang. Jadi bagi yang belum terbiasa menggunakan bahkan belum pernah menggunakan heels, cobalah tips memakai high heels untuk pemula.

Scroll to Top