Ragam Jenis Produk Make Up untuk Pemula, Mudah Diaplikasikan!

Make up bukanlah sebuah hal yang sederhana untuk dipraktekkan. Namun bukan berarti hal ini tidak bisa dipelajari. Bagi para pemula, sangat disarankan untuk memulai dari produk dasar terlebih dahulu. Jika sudah menguasai pemakaian produk make up untuk pemula dengan baik maka keterampilan merias wajah bisa lebih mudah berkembang. Berikut adalah ragam jenis produk make up yang direkomendasikan untuk pemula:

1. Foundation

Pertama ada foundation yang memiliki fungsi penting dalam sebuah proses make up. Foundation bisa juga disebut sebagai alas bedak karena memang diaplikasikan sebelum penggunaan bedak. Fungsinya adalah untuk menjaga agar hasil riasan bisa lebih tahan lama dan tampilan kulit wajah jauh lebih sempurna. Artinya, kekurangan pada wajah seperti bintik hitam, bekas jerawat, dan lain sebagainya bisa tertutupi oleh foundation.

Foundation tersedia dalam banyak sekali tipe sesuai dengan jenis kulit. Sebelum memilih foundation, sangat disarankan untuk memahami tipe kulit yang dimiliki. Apakah kulitnya merupakan jenis kulit kering, berjerawat, berminyak, atau sensitif. Selain itu foundation juga harus dipilih berdasarkan warna kulit. Pilih shade yang tepat sehingga pengaplikasian foundation akan terlihat lebih natural.

2. Concealer

Berikutnya ada concealer yang juga akan membantu menyempurnakan tampilan kulit wajah sebelum penggunaan bedak. Concealer ini lebih spesifik untuk menyamarkan noda-noda di wajah dan menyamakan warna kulit yang tidak rata. Concealer juga umumnya digunakan untuk menyamarkan tampilan kantung mata sehingga terlihat lebih mulus saat dirias.

Penting juga untuk dipahami bahwa concealer memiliki tipe dan warna yang berbeda-beda. Jika ingin menggunakan concealer untuk meratakan warna kulit, maka sangat disarankan untuk memakai shade warna yang sama seperti foundation atau paling tidak mendekati. Sementara itu jika concealer dipakai untuk menyamarkan kantung mata maka bisa dipilih yang memiliki rona peach atau pink.

3. Bedak

Pilihan produk make up untuk pemula ini jelas tak boleh kelewatan. Bedak digunakan untuk menyempurnakan riasan serta mengendalikan produksi minyak berlebih pada wajah. Jenis bedak sangat beragam mulai dari bedak padat, bedak tabur, bedak two way cake, dan lain sebagainya. Pilih jenis bedak yang paling cocok dengan tipe kulit dan sesuaikan pula dengan tujuan penggunaan.

4. Eyeshadow

Make up mata memegang peran besar dalam keberhasilan riasan wajah. Itulah mengapa para pemula sangat disarankan untuk memahami teknik penggunaan  eyeshadow dengan baik. Eyeshadow itu sendiri merupakan pewarna yang diaplikasikan pada bagian kelopak mata. Produk ini sangat efektif meningkatkan tampilan make up jadi lebih baik dan tentunya semakin sempurna.

Saat ini ada banyak brand yang mengeluarkan produk eyeshadow dengan palet warna yang sangat beragam. Cobalah untuk melakukan eksplorasi warna sampai ditemukan perpaduan make up mata yang paling pas. Setiap palet eyeshadow biasanya memberikan pilihan warna yang berbeda-beda jadi bisa dilihat lebih teliti dulu sebelum membeli.

5. Maskara

Rekomendasi produk make up untuk pemula berikutnya yang juga tak boleh dilewatkan adalah maskara. Maskara ini berfungsi untuk membuat bulu mata terlihat jauh lebih panjang dan lentik. Perannya sangat besar dalam memberi pengaruh hasil akhir make up bagian mata. Selain pilihan produknya harus tepat, teknik pemakaian maskara ini juga perlu diperhatikan lagi.

Tipe produk maskara juga sangat beragam. Bahkan satu brand bisa mengeluarkan banyak tipe maskara dengan fungsi yang beragam. Mulai dari menebalkan, memanjangkan, serta melentikkan bulu mata. Ada juga yang waterproof dan tidak waterproof sehingga penggunaannya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

6. Blush On

Demi mendapatkan hasil akhir make up yang lebih cerah dan manis maka sangat disarankan untuk memakai blush on. Blush on bisa diaplikasikan setelah pemakaian foundation dan concealer. Tujuan penggunaannya adalah untuk memberi kesan lebih cerah pada tampilan wajah. Selain itu, blush on ini juga akan menghilangkan kesan datar pada wajah setelah pemakaian make up.

Produk satu ini sangat direkomendasikan bagi pemula karena bisa membantu menekankan kontur alami pada wajah dan meniruskan pipi. Blush on hadir dalam berbagai bentuk mulai dari gel, krim, hingga powder. Selain itu pilihan warnanya juga sangat beragam. Pastikan untuk memilih tipe warna yang tepat, jangan sampai terlalu gelap dan terlalu terang.

7. Lipstik

Jangan lupa, pastikan untuk selalu siap sedia lipstik. Lip product yang satu ini pasti sudah tak asing lagi. Lipstik digunakan untuk memberi warna pada area bibir sehingga tampilan wajah tak akan pucat. Warna lipstik dan jenisnya sangat beragam mulai dari lipstik matte, satin, juga glossy. Sesuaikan pilihan warna dengan konsep keseluruhan make up yang diaplikasikan, terutama make up di bagian mata.

Setelah menguasai penggunaan berbagai jenis produk make up untuk pemula yang disebutkan tadi, maka keterampilan pasti bisa ditingkatkan lebih jauh. Pastikan untuk memperhatikan setiap jenis produk yang akan digunakan dengan sebaik mungkin. Bagi Anda yang membutuhkan jasa make up di wilayah Surabaya, langsung saja hubungi kami atau klik langsung tombol WA di blog kami. 

Scroll to Top