Simak 5 Cara Membersihkan Spons Make Up Dengan Benar

Bagi wanita, spons make up merupakan peralatan dasar yang sering dipakai sehari-hari saat hendak merias wajah. Sebab, banyak produk kecantikan yang memerlukan spons pada pengaplikasiannya supaya lebih merata di kulit. Pemakaian tiap hari membuatnya lebih cepat kotor, itulah sebabnya diperlukan pemahaman cara membersihkan spons make up agar dapat dipakai kembali.

Seperti yang diketahui, spons make up memang bisa digunakan berkali-kali. Tetapi saat residu telah menumpuk dan tidak segera dibersihkan, maka kotoran akan menempel pada kulit saat spons digunakan. Inilah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat dan masalah kulit lain. Agar spons kembali bersih, berikut panduan cara yang perlu diterapkan untuk membersihkannya:

1. Rendam Pakai Sabun Batang

Spons yang sudah kotor ditandai dengan warna yang berbeda dibandingkan aslinya saat pertama membeli. Adapun cara membersihkan spons make up yang kotor dapat dilakukan dengan memanfaatkan sabun batang. Cobalah membasahi seluruh permukaan spons, sehingga terlihat mengembang dan menjadi lebih berat dari biasanya.

Gosok-gosokkan pada sabun batang, sambil memijat area spons sehingga menjadi berbusa. Sesekali peraslah spons dan mulailah menggosokkan kembali pada sabun batang untuk kedua kalinya. Rendam spons yang telah berbusa agar semua residunya terlepas. Setelah air rendaman terlihat berubah warna, pembaca dapat membilasnya sampai bersih di bawah aliran air.

Sebelum digunakan, sebaiknya spons dijemur agar permukaannya menjadi kering. Meski demikian, cara ini juga memiliki kelebihan serta kelemahan yang perlu diketahui. Segi positifnya, mencuci dengan sabun batang lebih hemat dan tidak terlalu rumit. Pembaca dapat menggunakan sabun mandi yang terdapat di rumah. Tetapi, kandungan dalam sabun batang juga mampu membuat spons menjadi kering dan kasar.

2. Gunakan Sabun Cair

Dibandingkan sabun batang, orang-orang umumnya lebih senang menggunakan sabun cair yang praktis. Bisa memakai sabun cuci maupun sabun bayi yang lebih lembut. Untuk memisahkan residu pada spons dilakukan dengan membasahi spons terlebih dahulu. Kemudian oleskan beberapa tetes sabun cair di permukaan spons dan tekan-tekan hingga menghasilkan busa.

Apabila sisa make up yang menempel pada spons cukup banyak, maka pembaca bisa mencucinya beberapa kali. Cara ini mungkin akan menyita waktu, namun tentu cukup mudah dilakukan di rumah. Jangan lupa untuk membilas spons dengan cara merendam dan memijatnya dalam air bersih. Pastikan spons telah kering sebelum dipakai make up.

3. Pakai Minyak Zaitun

Apabila terlalu sulit menemukan make up remover di rumah, pembaca dapat menggantikannya dengan minyak zaitun. Kandungan bahan ini memang efektif dalam merontokkan residu dari penggunaan peralatan make up. Bahkan mampu mengatasi kosmetik yang sifatnya waterproof sekali pun. Itulah sebabnya, minyak zaitun dapat diandalkan dalam membersihkan alat make up.

Adapun teknik untuk melakukan pembersihan dimulai dengan mencampurkan sabun dengan minyak zaitun. Selanjutnya basahi spons dengan larutan tersebut dan tekan-tekan hingga menghasilkan busa. Apabila spons dalam kondisi sangat kotor, maka busa akan berwarna gelap. Setelah dirasa kotoran sudah terangkat, bilas dan jemur peralatan make up tersebut.

4. Masukkan Spons Dalam Microwave

Alternatif cara membersihkan spons make up bisa dilakukan dengan memanfaatkan microwave. Penerapan cara tersebut tidak hanya mudah, tetapi jauh lebih efisien dan hasilnya pun lebih bersih. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat campuran air sabun dalam gelas yang memungkinkan untuk dimasukkan pada microwave. Pembaca dapat memanfaatkan sabun cair agar lebih mudah larut.

Saat membuat larutan sabun, pastikan wadah yang digunakan mampu menenggelamkan spons. Selanjutnya basahi spons dengan air bersih dan tenggelamkan dalam larutan sabun. Silahkan masukkan rendaman spons tersebut ke dalam microwave selama 1 menit untuk merontokkan residunya. Setelah selesai, tunggu sejenak agar permukaan gelas lebih dingin ketika diangkat dari microwave.

Apabila tahap pembersihan dengan microwave sudah selesai, silahkan bilas spons menggunakan air mengalir. Jemur terlebih dahulu sebelum dipakai make up. Cara ini dinilai lebih efektif, sebab pembaca bisa sambil mengerjakan aktivitas lain selama menunggu spons selesai dibersihkan dalam microwave. Selain itu, prosesnya cukup cepat dan simpel.

5. Gunakan Sabun Pembersih Make Up

Apabila tidak mau terlalu repot dalam mencari bahan pembersih, pembaca bisa langsung membeli sabun pembersih make up. Sesuai dengan sebutannya, sabun ini memang diperuntukkan guna membersihkan alat make up. Umumnya berwujud liquid yang mudah dituang dan larut dalam air. Cukup beli sabun pembersih make up dan cuci spons hingga semua kotorannya terlepas.

Penjelasan cara membersihkan spons make up di atas dapat dijadikan pedoman agar peralatan make up kembali bersih. Setidaknya spons perlu dicuci setiap minggu dan diganti setelah pemakaian tiga bulan. Kami menyediakan jasa rias terpercaya dengan produk serta peralatan yang terjamin aman dan bersih. Hubungi admin kami melalui WA yang tertera bagi Anda yang memerlukan jasa rias area Surabaya dan terdekatnya.

Scroll to Top